Selasa, 12 April 2011

Fenomena Kitab Kuning

Kitab kuning??, bagi anak-anak Manabe' mesti ini bukan kata yang asing lagi, setiap hari kita senantiasa bergelut dengan kitab-kitab yang kertasnya berwarna kuning ini (walau sekarang sudah banyak kitab kuning yang warna kertasnya tidak kuning lagi).

Seiring perkembangan zaman, kitab kuning juga mengalami fenomena baru. Sekarang sudah ada istilah "kitab kuning digital", yakni kitab kuning yang tidak lagi berbentuk "jisim" kitab, tapi berupa tulisan yang bisa dibaca lewat komputer atau handphone.

Tentu ini juga bukan hal aneh lagi bagi Manabe' kita, sekitar 2 minggu yang lalu, alfaqir sempat ngobrol dengan Kiayi Sujaswo lewat facebook, kata beliau sekarang guru-guru Manabe' banyak yang sudah pakai laptop alias komputer jinjing. Subhanallah...

Alfaqir sendiri mengenal kitab kuning digital karena ada teman kantor yang kebetulan baca-baca informasi, bahwa ada program komputer yang berisi ribuan kitab kuning. Usut punya usut ternyata ketika alfaqir menghubungi pemilik info di situs tersebut ternyata beliau berdomisili di Ponpes. Al-Kautsar Kajen, lho tetangga kita donk....

Selain program komputer seperti maktabah syamilah, maktabah alfiyyah, maktabah kubro, dan lain-lain, di internet juga ada banyak alamat-alamat situs yang menyediakan fasilitas download kitab kuning gratis. Inilah diantaranya:

- http://www.sahab.net/home/index.php?site=book

- http://www.muqbel.net/files.php

- http://www.almeshkat.net/books/index.php

- http://www.waqfeya.com/index.php

- http://www.almaktba.com/index.php

- http://saaid.net/book/index.php

- http://al-eman.com/islamlib/

- http://www.ajurry.com/library.htm

- http://www.afifyy.com/book.html

- http://www.alfawzan.ws/alfawzan/default.aspx#1

- http://www.sh-yahia.net/books.html

- http://salemalajmi.com/books/index.html

- http://www.otiby.net/book

- http://www.njza.net/web/files.php

- http://www.rabee.net/

- http://www.dorar.net/

- http://shamela.ws/ 

Tentu saja, bagi kita yang "muslimun sunniyyun syafi'iyyun" tidak semua kitab sesuai dengan thoriqoh kita, sehingga silahkan memilah-milih kitab yang sesuai untuk didownload.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar